Jumat, 23 Februari 2018

Setelah Bermitra 20 Tahun, Tech 3 Harus Berpisah dengan Yamaha. Ada Apa?

Setelah Bermitra 20 Tahun, Tech 3 Harus Berpisah dengan Yamaha. Ada Apa?
Herve Poncharal & Lin Jarvis [Photo:moto.niooz.fr]


Poncharal Ungkap Alasan Tech 3 untuk Tinggalkan Yamaha

Musim ini ternyata merupakan musim terakhir kemitraan antara Monster Tech 3 yang dimiliki oleh Herve Poncharal dengan tim pabrikan Yamaha. Padahal kemitraan yang telah terjalin selama dua dekade itu penuh dengan kenangan manis yang sulit terlupakan sebagaimana menurut Poncharal sendiri yang dikutip dari Road Racing World. Namun kenapa hubungan kemitraan itu harus diakhiri?

Meskipun sulit bagi Poncharal untuk meninggalkan Yamaha yang telah menggandeng timnya sejak 1998 silam, Poncharal akhirnya memutuskan untuk menyelesaikan kemitraan antara keduanya di akhir musim nanti atau tepatnya begitu MotoGP Valencia yang merupakan seri terakhir musim ini usai.

Menurut Poncharal, Tech 3 merupakan sebuah perusahaan kecil yang tentunya juga memiliki sejumlah proyeksi ke depan serta harapan yang harus mereka wujudkan sesuai cita-cita awal pendiriannya.

Poncharal mengakui bila ia telah menerima sebuah tawaran yang tak mungkin ditolaknya karena tawaran itu selaras dengan harapannya bersama Tech 3 sejak semula, termasuk harus meninggalkan Yamaha yang telah bersama mereka selama 2 dekade terakhir. 

“Sangat sulit tentunya untuk membuat keputusan untuk meninggalkan Yamaha. Saya sangat berterima kasih sekali kepada Yamaha, Mr. Tsuji, Mr. Tsuya, Mr. Jarvis dan Mr. Nakajima, serta semua pihak yang telah mendukung dan membantu kami selama ini,"jelas Poncharal yang baru saja mengkonfirmasi perekrutan pebalap Malaysia Hafizh Syahrin sebagai tandem Johann Zarco musim ini untuk menggantikan pebalap Jerman Jonas Folger yang harus menyembuhkan penyakit yang telah dideritanya sejak Oktober 2017 lalu.

"Tech 3 adalah sebuah perusahaan kecil dan harus memikirkan sejumlah opsi berbeda kedepan. Kami memang telah menerima sebuah tawaran yang sulit untuk ditolak karena tawaran itu sesuai dengan misi kami sejak awal,"imbuh Poncharal.

"Tetapi untuk musim ini kami tentunya tetap berkonsentrasi bersama Yamaha hingga seri pamungkas di Valencia,"pungkas Poncharal tanpa menyebut dari tim apa ia telah menerima tawaran meskipun rumor yang berkembang, tawaran itu berasal dari tim pabrikan KTM, yang sejak awal musim lalu telah memboyong kedua pebalap Tech 3 yakni Pol Espargaro dan Bradley Smith.