Kamis, 15 Februari 2018

Pengurangan Jumlah Lap pada Beberapa Seri MotoGP World Championship 2018



Pengurangan Jumlah Lap pada Beberapa Seri MotoGP World Championship 2018
Circuit of the America (COTA) Austin, Texas [Photo:eatsleepride]


Daftar Seri-seri MotoGP World Championship 2018 yang Mengalami Pengurangan Jumlah Lap 

Beberapa seri MotoGP World Championship musim ini akan mengurangi jumlah lap pada setiap race day  karena alasan konsistensi durasi balapan dan menyeleraskan dengan kebijakan yang mengatur jumlah bahan bakar dan jenis mesin yang digunakan.

Adapun seri-seri MotoGP World Championship 2018 yang akan mengurangi jumlah lapnya adalah MotoGP Amerika Serikat, MotoGP Prancis, MotoGP Catalunya-Barcelona, MotoGP Jerez, MotoGP Valencia, MotoGP Ceko,  dan MotoGP San Marino.

MotoGP Amerika Serikat yang digelar di COTA Texas akan mengurangi satu lap, demikian juga dengan MotoGP Prancis di Sirkuit Bugatti Le Mans, MotoGP Catalunya-Barcelona, MotoGP Ceko, dan MotoGP  San Marino. Sedangkan MotoGP Jerez akan mengurangi dua lap dan MotoGP Valencia mengurangi tiga lap.

Pihak penyelenggara dari masing-masing seri tersebut beranggapan bila pemotongan jumah lap itu demi menyeleraskan tujuan dari pihak penyelenggara sendiri dan stasiun-stasiun televisi yang menyiarkannya. 

Selain itu, pemotongan jumlah lap diambil untuk mengimbangi kebijakan yang telah diterapkan yang mengatur kapasitas bahan bakar dan jenis mesin motor yang digunakan. Keputusan ini juga diberlakukan untuk beberapa seri di ajang balapan Moto2 dan Moto3 yang keduanya akan disertakan dalam balapan MotoE per musim depan. 

Berikut daftar seri MotoGP World Championship 2018 yang mengalami pemotongan jumlah lapnya:

Grand Prix
Lap 2017
Lap 2018
Amerika Serikat
21
20
Jerez
27
25
Prancis
28
27
Cataluña-Barcelona
25
24
Republik Ceko
22
21
San Marino
28
27
Valencia
30
27