Sabtu, 17 Februari 2018

Dovizioso Sebut Sirkuit Buriram Cocok dengan Ducati dan Gaya Balapnya

Dovizioso Sebut Sirkuit Buriram Cocok dengan Ducati dan Gaya Balapnya
Andrea Dovizioso [Photo: Paddock-GP]


Dovizioso Puas dengan Hasil Test Hari Pertama

Pebalap Italia dari tim Ducati Andrea Dovizioso menyebut Chang International Circuit di Buriram Thailand sangat cocok dengan motor Desmosedici GP 18 Ducati yang dikendarainya dan juga gaya membalapnya setelah menyelesaikan hari pertama sesi test pra-musim kedua tahun ini yang berlangsung pada Jumat (16/2/2018).

Dovizioso membuktikan prediksi sebagian pengamat bila Sirkuit Buriram sangat cocok dengan karakteristik motor Desmosedici GP 18 terutama pada 12 tikungan dan trek lurus di sirkuit itu.

“Ya, saya rasa sirkuit ini memang sangat cocok bagi motor kami dan juga dengan gaya membalap saya,"terang Dovizioso. 

Dovizioso pun mampu tampil cepat dan hanya terpaut sedikit dari pebalap Repsol Honda Marc Marquez yang menjadi rival utamanya musim lalu meskipun pada hari pertama ini, runner up  musim lalu dengan enam kemenangan ini hanya mencatat waktu tercepat keempat.

Bagi Dovizioso sendiri, fokusnya bukan pada catatan waktu yang dibuatnya tetapi ia lebih memikirkan tentang pemilihan fairing aerodinamika yang paling cocok.

“Waktu lap yang saya raih di hari pertama ini kurang begitu penting. Yang pasti saya dan Marquez telah bisa memahami karakteristik sirkuit ini tetapi hal itu tidak terlalu penting karena masih ada dua hari kedepan dan saya rasa semua pebalap akan dapat juga memahami karakteristik sirkuit ini dan akhirnya bisa meningkatkan hasil test mereka,"sebut Dovizioso yang juga dijuluki sebagai 'DesmoDovi' ini.

Dovizioso juga memperkirakan mengapa sejumlah pebalap butuh waktu lebih lama karena menurutnya Sirkuit Buriram memiliki sejumlah area entry tikungan yang tak lazim.

"Memilih fairing yang paling cocok merupakan hal yang tak mudah karena di satu trek, fairing yang satu lebih bagus, sedangkan di trek lainnya, fairing yang satu lagi jauh lebih baik performanya,"ujar Dovizioso seperti dikutip dari Crash.  

Dovizioso selanjutnya mengatakan pada hari kedua yang digelar pada Sabtu ini akan mengujicoba fairing aerodinamika timnya secara lebih detail lagi untuk bisa meningkatkan catatan waktu lapnya.